Kamis, 10 Februari 2011

Tips Memotret Tanpa Lampu Blitz

Lagi enak jebrat-jebret diacara yang super penting seumur hidup kita tiba-tiba kamera digital kita dah klenger duluan, padahal acara belum selesai. Endingnya jelas kita kehilangan moment penting kita. Kejadian yang dulu sering saya alami ini mungkin juga banyak yang bernasib sama.

Nah, untuk mengurangi resiko diatas sebenarnya dapat diakali dengan beberapa trik mengoptimalkan kamera digital kita – merek apapun, model apapun. Jamaknya peralatan elektronika lainnya, semakin banyak komponen yang bekerja maka daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Dalam artikel kali ini kita akan mencoba mengurangi penggunaan lampu blitz bawaan kamera. Agak sedikit ribet memang, tapi bagi suka ngotak-atik kameranya mungkin bisa nambah skill fotografi kita. Lets cekidot;

1. Atur kamera pada mode manual dan jangan lupa matikan lampu blitz kemudian ambil satu foto dan lihat hasilnya. Kalau hasilnya gelap bin suram itu alamat kita kekurangan cahaya yang berhasil direkam oleh sensor kamera kita.

2. Coba naikkan ASA atau ISO kamera kita, biasanya kamera model sekarang mempunyai rentang ISO yang lumayan, mulai 50 sampai diatas 1600, kalau tipe enthusias sama DSLR bisa lebih besar lagi. Teorinya semakin tinggi ISO karema kita, maka kamera semakin peka terhadap cahaya, aturannya mudah untuk foto outdoor dengan banyak cahaya pakai iso rendah (25 sampai 200), outdoor minim cahaya pakai ISO sedang (400 sampai 800), klo didalam ruangan yang gelap bisa makai iso tinggi (diatas 1600). Catatanya adalah semakin tinggi ISO yang keta pakai besar kemungkinan foto kita makin blur.

ni foto pakai ISO 50, shutter speed 1/168

ni foto pakai ISO 800, shutter speed 1/168, terlihat lebih terang bro...

3. Kemudian coba ambil satu gambar lagi, klo masih gelap bin suram coba pakai jurus kedua, naikkan nilai kompensasi ev (exposure value), biasanya ada di menu kamera dan satu paket dengan settingan ISO. Naikkan nilainya 1 step keatas kemudian coba lagi ambil foto, kalau masih sama naikkan terus sampai gambarnya cukup terang.

4. Kalau jurus tersebut masih belum bisa, pakai yang lebih sulit lagi yaitu turunkan kecepatan bukaan lensa kamera (shutter speed) cuman aturannya klo kita mau makai speed rendah disarankan kamera jangan dipegang sama tangan kita, mending kita suruh si TRIPOD untuk menggantikan kita, masalahnya lagi lihat-lihat juga objek foto kita klo yang difoto lagi jingkrak-jingkrak ya jangan pakai speed rendah, nanti hasil fotonya malah mirip foto penampakan karena muncul siluet. Trik lainnya adalah gunakan fasilitas foto tunda atau timmer untuk menghindari kamera goyang akibat kita mencet tombol shutter kamera.

nini foto pake ISO 50, Shutter Speed 1/25 tanpa tripod jadi hasilnya kaya' penampakan

klo kucing ini pake ISO 80 Shutter Speed 1/80 dan tanpa goyang

5. Masih mentok lagi coba atur aperture kamera atau bukaan kamera, cuman masalahnya tidak semua kamera digital model point & shoot punya menu settingan ini. Aperture adalah lamanya lensa kamera terbuka untuk menangkap cahaya sehingga bisa direkam oleh sensor kamera. Semakin besar bukaannya dijamin cahaya yang masuk juga banyak jadi foto bisa terang atau bahkan kalu kelebihan cahaya fotonya jadi putih bersih lho :)

Oke, cukup sekian tipsnya, syukur ada yang mau ngoreksi atau nambahi, nuwun and met menjebret aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar