Rabu, 25 Maret 2009

Anak Kecil Aja Tahu !

"Kok musiknya kayak gitu ya?" kata murid SD Muh PK kepada temannya.

Saya mungkin hanya sekilas mendengar kalimat anak tadi, namun yang mengejutkan saya adalah kalimat itu dilontarkan oleh anak kelas 4 SD tatkala habis sholat dan didekat masjidnya ada kampanye partai tertentu yang ketika ada orang sholat masih memperdengarkan alunan musik dang-dut. Dah jelas Ngganggu laah.

Jadi mikir nih, nih anak kalo gede masih pegang prinsip yang diajarkan para ustadznya disekolah yakin deh, pasti huebat ni anak. Tapi ya itu tadi syaratnya adalah adanya konsistensi pendidikan selama dia sekolah sampai gede plus pola edukasi keluarga yang juga mendukung progran pendidikan sekolahnya.

Waktunya lihat realita, tapi bukan bermaksud menjustifikasi. Ketika disekolah anak2 kita dididik dengan nilai luhur agama dan sebagainya, dirumah adalah saatnya menghancurkannya. Sang guru bilang bo'ong itu dosa, bapaknya dirumah jadi master bo'ong didepan keluarganya, sang ustadz bilang ndak sholat itu dosa, sang kakak jadi jago mbolos sholat, etc.

Parah lagi, tetangga saya ada yang ketahuan anaknya "Misuh2i" orang laen, emaknya malah tertawa bangga bahwa anaknya sudah jadi pemberani, Naudzubillah!

Ni jadi masalah kita bersama, baik yang udah pny momongan dan yang masih bujang. Bagaimana sinergi pendidikan rumah, sekolah dan lingkungan ini hukumnya wajib kalo kita pengen menciptakan generasi Rabbani. Bukan masalah anggaran pendidikan yang 20% APBN, sekolah dipaksa memberikan pelajaran ekstra tentang agama dan moral, dan juga anak2 kita disekolahkan disekolah yang bertitel IT (Islam Terpadu) ato sekolah berbuntut -ah semacan madrasah aliyah, madrasah tsanawiyah dan lain sebagainya.
Yang penting adalah bagaimana Bi'ah (lingkungan) masyarakat, keluarga serta sekolah itu sinkron, Titik!

Boleh saya tulisan ini dibantah dengan berbagai argumen, silakan. Tapi yang namanya pendidikan itu integral selayaknya Tarbiyah juga integral menyentuh seluruh aspek dari peserta didik.

Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar