Jumat, 27 Februari 2009

Ikhwah dan Budaya Baca

Sungguh menarik andaikan kita semua bisa menikmati sajian pengetahuan didalam setiapbuku yang tertulis, minimal buku Islam. sayangnya tidak semua orang bahkan kader bisa menikmatinya, atau minimal berusaha menikmatinya.
tulisan ini sebenarnya berangakat dari keprihatinan kepada ikhwah lain yang terkadang udah senior ato kalo ndak boleh dibilang udzur didalam tarbiyah ini ternya ta pengettahuan dan pemahaman dakwahnya masih sedalam tancapan bibit padi.

Sau kasusnih, temen penulis pernah datang ke toko buku di sekitar UMS, nah yang jaga toko akhwat dan pas ketika temen penulis bertanya tentang buku Majmuah Rasail tuh akhwat malah bingung dan balik nanya "itu buku apa ya pak?"
Ada cerita lain, seorang teman penulis yang jauh udah lama didalam Tarbiyah tetapi masih aja ndak faham tentang arti lailatulkatibah dan bedanya dengan mabit serta jalsah ruhiyah! aneh bukan.

Lain cerita lagi dengan Penerbit Era Intermedia - afwan, ndak ada maksud apa2 terhadap penerbit ini - Penerbit ini dulu sering menerbitkan buku-buku berkualitas dengan harga terjangkau untuk kantong ikhwah, tapi sekarang malah ikut-ikutan latah main LKS segala. bukan masalah bukunya ndak laku, dasar kadernya aja yang ogah2an baca buku "Wajib"arbiyah, atau kalau ndak baca ya minimal koleksi buku donk! Perkara bacanya nanti pas kalo punya istri dan dibaca bareng istri kita iu urusan lain.

Untuk kalimat yang terakhir disampaikan oleh teman penulis yang memang maniak buku, pas ada pameran buku bisa dipastikan ikhwah kita ini pasi beli walaupun cuman satu. Luar biasa!

Ruh untuk cari ilmu, ini lho esensinya kalo disuruh baca buku.
Udah Baca buku ndak mau, koleksi buku juga kagak, datang kajian juga sering absen, dan mungkin Liqo' juga ijin melulu nih!
Wallahu a’lam

6 komentar:

  1. semoga semakin banyak orang yang suka baca. kadang yang kita baca belum tentu juga ngerti saat itu. tapi suatu saat pasti ngerti juga apa yang pernah dibaca. oya, menurut saya, baca buku itu gak sekedar baca. baca itu kalo kita faham apa yang kita baca dan merealisasikan apa yang kita baca juga (asal buku2 baik lho ya..) ok,met membaca

    BalasHapus
  2. Rofi` An Nu`aimy: Mas yudo, saya setuju dengan tulisan diatas. Sya pun sering juga beli bulu..eh buku ding.Tapi yang dah saya baca sampai selesai mungkin baru 3%nya. Sama dengan pesan gurunya teman saya, mumpung baru punya uang+bujang belilah buku sebanyak2nya, nanti bacanya kalo dah punya istri, karenakalo dah keluarga anggaran dana ga cuman di buku doang. Salam ma`had abu nawas (kapan ki turu bareng meneh he..he..)

    BalasHapus
  3. Sy jg pernah dpt kata2 mirip d atas. Mumpung msh jomblo belilah buku sa`akeh2e. Lha bsk pas dah pny garwo, anggaran RT ga cm buat beli buku thok. Karena istri n anak n dll harus dikasih makan jg. Moso mrk cm dikasih taushiyah n taujih thok, kan yo ra mungkin tho.

    BalasHapus
  4. ki pasti rofi alias bedu yo? gmn kbrnya? afwam kemaren pas antum pulang ndak sempat maen.

    BalasHapus
  5. yoa, ni rofi alias bedu alias opik. Justru aku sing njaluk sorry krn ga bertandang k rmh U. Mas, tolong do`ain yo, kita mo da mid test 31-8 april. O ya, tp tgl 30 april kita mo meMUTIH-KUNINGkan Senayan. Titip po ki?

    BalasHapus
  6. Yoa, aku rofi alias bedu alias opik. Mas, tolong doanya jo lali, kita mo da ujian mid. Btw, senin besok kita mo putihin Jakarta. Salam bersih, peduli n profesional

    BalasHapus